Headlines News :
Home » , » Cara Memulai KKN | Kuliah Kerja Nyata

Cara Memulai KKN | Kuliah Kerja Nyata

Written By Karnadi Al Hanafi on Monday, February 18, 2013 | 12:02 PM


Hai sahabat unwidha-koe, gimana punya kabar ?.... wah dah cukup lama gak update nih blog... maklum baru sibuk hehehe (sok sibuk.red). Gimana tidak sibuk bulan-bulan yang lalu gue and temen2 TI-G Unwidha ekstra sibuk nyiapin persiapan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari A-Z yang direncanakan tanggal 4 Februari - 4 Maret 2013. Maklum lah... kite2 non reguler jadi ada yang kerja, yang udah nikah, ada juga yang masih jomblo... (yang masih jomblo, tenang fren msh ada waktu), disela-sela aktivitas, kite2 nyempetin tuk koordinasi meskipun kadang diguyur hujan, mungkin ada juga yang diomelin atasan kok sering ijin sich.... sorriii pak bossss. Lho-lho kok jadi ngelantur gak ada hubungan ame judul....

Oke sahabat...di artikel ini coba gue sharing sedikit pengalaman untuk mempersiapkan KKN khususnya di kampus UNWIDHA Klaten, barangkali bermanfaat jika tidak ya maaf....

Persiapan-persiapan yang perlu kita lakukan sebelum KKN adalah :
1.     Niat yang kuat dan lurus 
Niat adalah suatu azzam yang kuat yang mendasari setiap aktivitas. Jadi sebelum KKN setiap kita harus mempunyai niat yang kuat dan juga lurus, agar dalam pelaksanaan KKN dapat berjalan lancar dan syukur2 bernilai ibadah di sisi Allah. Aamiin.

2.     Berkomunikasi dengan LPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat), PA (penasehat akademik)  dan Kajur (Kepala Jurusan).
Ini penting sahabat, karena dari titik komunikasi dengan pihak terkait inilah yang akan mensukseskan KKN di perbolehkan atau tidak. Dari pihak LPM akan menganalisa tepat tidaknya waktu KKN, juga yang akan menentukan lokasi KKN dan yang terpenting pihak LPM inilah sebagai keyword boleh tidaknya dilaksanakan KKN. Pihak PA akan mengecek mahasiswa tersebut sudah memenuhi persyaratan KKN atau belum dilihat dari SKS yang telah ditempuh, kalo tidak salah minimal 110 SKS. Sedangkan Kajur juga memberikan dukungan dan persetujuan yang juga akan ikut andil dalam menentukan pembimbing KKN kita.

3.     Kumpulkan pasukan mahasiswa yang akan ikut KKN
KKN akan terlaksana jika ada mahasiswa yang memenuhi kuota, jika kita ingin KKN diluar jadual maka di kampus Unwidha dipatok minimal 20 mahasiswa.

4.     Rapat Persiapan KKN
Rapat dengan peserta KKN sebagai media koordinasi yang efektif untuk menentukan langkah-langkah detail dari program yang akan dicanangkan di KKN seperti menentukan : Pengurus, waktu pelaksanaan, program, seragam, jumlah iuran anggota, sampai teknis pelaksanaan KKN dari awal sampai akhir.
  
5.     Buat Proposal KKN
Ini sebagai prasyarat administrasi yang menjelaskan secara detail dari pelaksanaan program KKN. Content dari proposal ini minimal memuat : Cover, Latar Belakang, Maksud dan Tujuan, Waktu dan Tempat, Peserta, Pengurus, Kegiatan,, Anggaran Biaya, Penutup.

DOWNLOAD : Contoh Proposal KKN/ Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) atau Link Mirror

6.     Menembusi dan melobi tempat KKN
Kalau sudah ada rekomendasi tempat KKN dari LPM, maka kita menindaklanjuti dengan menemui Pengambil kebijakan di tempat KKN (jika disekolah dengan kepala sekolah, jika di masyarakat dengan Kepala desa/RW/RT) sekaligus membawa proposal. Jika sudah disetujui maka menyampaikan informasi tersebut ke LPM untuk dibuatkan surat pengantar yang selanjutnya akan kita berikan ke pihak pengambil kebijakan di tempat KKN tersebut.

7.     Bayar Biaya KKN
Kalau semua sudah OK, maka selanjutnya adalah melakukan pembayaran ke Biro Administrasi kampus dan bendahara kelompok sebelum pelaksanaan KKN.

8.     In Action (KKN)
Selanjutnya adalah bergaya dan bermanfaat di tempat KKN….

Demikian sahabat Unwidha-koe sekilas persiapan KKN, untuk info kegiatan KKN insya Allah akan muncul artikel selanjutnya…
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Domain dan Hosting Handal

Info Bed RSIY PDHI

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
 
Copyright © 2011. Share About IT : . - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template